Rabu, 17 Juni 2015

Apa itu Viscositas ?

Kekentalan adalah sifat dari suatu zat cair (fluida) disebabkan adanya gesekan antara molekul-molekul zat cair dengan gaya kohesi pada zat cair tersebut. Gesekan-gesekan inilah yang menghambat aliran zat cair. Besarnya kekentalan zat cair (viskositas) dinyatakan dengan suatu bilangan yang menentukan kekentalan suatu zat cair.



Apa itu Viscositas ?



Viscositas adalah suatu cara untuk menyatakan berapa daya tahan dari aliran yang diberikan oleh suatu cairan. Kebanyakan viscometer digunakan untuk mengukur kecepatan dari suatu cairan mengalir melalui pipa gelas (gelas kapiler) , bila cairan itu mengalir terlalu cepat maka berarti viskositas dari cairan itu rendah (misalnya air). Dan bila cairan itu mengalir lambat, maka dikatakan cairan itu viskositas tinggi. Viskositas dapat diukur dengan mengukur laju aliran cairan yang melalui tabung silinder. Cara ini merupakan salah satu cara yang paling mudah dan dapat digunakan baik untuk cairan maupun gas. Menurut poiseulle, jumlah volume cairan yang mengalir melalui pipa per satuan  waktu.  Macam-   macam viskositas menurut Lewis (1987):

  1. Viskositas dinamik, yaitu rasio antara shear, stress, dan shear rate. Viskositas dinamik disebut juga koefisien viskositas.
  2. Viskositas kinematik, yaitu viskositas dinamik dibagi dengan densitasnya. Viskositas ini dinyatakan dalam satuan stoke (St) pada cgs dan m²/s pada SI.
  3. Viskositas relatif dan spesifik, pada pengukuran viskositas suatu emulsi atau suspensi biasanya dilakukan dengan membandingkannya dengan larutan murni.

Mooney Viscometer Mengukur Viscositas Pada Rubber

Dalam industri karet, untuk mengukur tingkat viscositas dapat menggunakan mooney viscometer, alat ini sendiri adalah alat pengujian yang terdiri dari disk digerakkan motor dalam rongga mati yang dibentuk oleh dua pelat diam dipertahankan pada kondisi suhu tertentu dan ditutup sehingga kedap udara. Ini mengukur pengaruh dari suhu dan waktu pada viskositas dari karet atau senyawa.





Kami Testing Indonesia menyediakan / menjual alat Mooney Viscometer dengan kualitas terbaik untuk anda. Informasi lebih lengkap dapat menghubungi bagian pemasaran kami di No Telp : 021-2956-3045 atau Email di sales@testingindonesia.com.


Sumber : http://testingindonesia.blogspot.com/2015/06/apa-itu-viscositas.html
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar