Jumat, 31 Juli 2015

Mengenal Tentang Balancing Machine

Balancing machine ?? 
Apa itu balancing machine? 

Balancing Machine adalah sebuah alat ukur yang digunakan untuk penyeimbangan pada bagian mesin yang berputar, contohnya rotor untuk motor listrik, turbin, kipas angin, baling-baling, rem cakram, disk dhrive dan mesin pompa. Biasanya terdapat dua tiang kaku (keras,kuat) pada mesin Balancing Machine, dengan sebuah suspensi dan bantalan pada atas dapat mendukung platform mounting. Unit yang akan diuji akan melesat ke platform dan akan di putar dengan belt (sabuk), udara, atau pun dengan End DriveSuspensi pada mesin balancing akan mendeteksi bagian unit yang sedang diputar dengan bantuan sensor dan informasiyang digunakan untuk menentukan  jumlah ketidakseimbangan di bagian. 


 Seiring dengan perkembangan informasi frasa, mesin mampu menentukan berapa banyakkah dan mampu menentukan dimana kita menambah bobot untuk menyeimbangkan bagian unit yang di uji.   Ada dua jenis utama pada mesin Balancing Machine yaitu, Soft Bearing (bantalan lembut) dan Hard Bearing (bantalan keras). Perbedaan dari kedua jenis tersebut adalah bukan dari bantalan / alasnya, melainkan dari kekuatan suspensinya. Dalam sebuah mesin Hard Bearing,penyeimbangan dilakukan pada frekuensi ynag jauh lebih rendah ketimbang frekuensi resonansi suspensi. Sedangkan pada Soft Bearing, penyeimbangan umumnya dilakukan pada frekuensi yang lebih tinggi dari frekuensi resonansinya.

Kedua jenis mesin 
Balancing Machine memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan , sebuah mesin Hard Bearing umumnya lebih fleksible dan dapat menangani berbagai pemotongan dengan sangat berat, dikarenakan mesin Hard Bearing ini mengukur kekuatan sentrifugal dan hanya membutuhkan sekali kalibrasi saja. 



Categories:

0 komentar:

Posting Komentar